Sabtu,25 Juni 2016 20:30 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 8, Belanda

Hasil Kualifikasi GP Belanda: Dovizioso Pole, Rossi Kedua, Marquez Jatuh

Halaman 1 dari 2

Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

Marc Marquez terlempar dari motornya, namun bisa kembali ke garasi tim dan mengikuti sesi kualifikasi di Assen pakai motor cadangan

Assen –  Andrea Dovizioso meraih pole position dalam sesi kualfikasi GP Belanda di Assen, Sabtu (25/6), mengalahkan Valentino Rossi. Sementara itu Marc Marquez jatuh dan Scott Redding pertama kali start di barisan depan.

Sesi kualifikasi kedua (Q2) berlangsung dalam kondisi trek Assen yang basah setelah hujan turun pada latihan keempat, sekitar satu jam sebelumnya. Namun racing line kemudian berangsur kering.

Dua belas pembalap berpacu untuk membuat waktu terbaiknya. Posisi terdepan ditempati pembalap silih berganti.

MotoGP 2016 Belanda Assen Ducati Andrea Dovizioso kualifikasi
Andrea Dovizioso raih pole position setelah terakhir kali pole di GP Qatar 2015

Drama terjadi ketika kualifikasi kedua baru saja dimulai, pembalap Suzuki Maverick Vinales jatuh. Tinggal 10 menit, giliran pembalap Honda Marc Marquez menggelosor ke gravel trap (hamparan kerikil).

Tetapi Marquez segera bangkit dan berlari keluar trek. Ia meminjam motor yang digunakan seorang fotografer. Tiba di garasi tim, motor keduanya masih ditangani para mekaniknya.

Juara dunia MotoGP dua kali itu harus menunggu beberapa menit. Sesi kualifikasi menyisakan 4,5 menit, ia pun bisa menggeber motornya untuk kembali ke trek.

MotoGP 2016 Belanda Assen Movistar Yamaha Valentino Rossi kualifikasi
Valentino Rossi akan menjalani balapan GP Belanda hari Minggu dari posisi kedua

Marquez bisa memperbaiki waktunya dari sisa waktu kualifikasi yang tinggal beberapa detik.

Sementara itu Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso melaju beriringan dalam beberapa putaran terakhir. Rossi meraih waktu tercepat, tetapi Dovizioso lebih cepat dan merebut pole position.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top