Senin,11 Jan 2016 15:45 WIB

Penulis: fendi

Kalender MotoGP dan F1 2016, Balapan Pertama Bentrok

Halaman 1 dari 2

Foto: Red Bull Content Pool

Ada enam jadwal balapan MotoGP dan F1 di 2016 yang saling tumpang tindih

Eropa – Pertama kalinya dalam 21 tahun terakhir, balap MotoGP dan F1 dimulai secara bersamaan, yaitu tanggal 20 Maret. Dalam sejarah kedua balapan paling tersohor sejagat itu, peristiwa ini sudah terjadi delapan kali.

Terakhir pada 1995, kala itu MotoGP main di Eastern Creek, Australia dan F1 di Sao Paulo, Brasil pada 26 Maret. Di 2016 ini, pentas pembuka MotoGP berlangsung di Qatar, sementara F1 di Australia.

Meski begitu, kedua balapan pembuka tahun ini jam mulainya tidak bentrok. MotoGP di sirkuit Losail berlangsung malam hari. Sedangkan F1 di sirkuit Melbourne, Albert Park siang hari waktu Indonesia Bagian Barat.

MotoGP 2016 menyajikan 18 ronde, sama seperti beberapa tahun sebelumnya. Tahun ini berakhir di Valencia, 13 November nanti. Sirkuit Indianapolis, Amerika sudah tidak ada, gantinya masuk Red Bull Ring, Austria.

F1 ada 21 ronde, memecahkan rekor jumlah paling banyak dalam sejarah balap jet darat ini. Ronde penutupnya di Abu Dhabi, 27 November. Penambahan terjadi dengan masuknya kembali GP Eropa yang digelar di sirkuit jalan raya Baku di Azerbaijan.

Perubahan lain mengenai jadwal, Malaysia yang biasa di awal musim ganti menjelang akhir yaitu di bulan Oktober. Rusia maju dari Oktober ke Mei. Jerman kembali masuk kalender setelah absen tahun lalu.

Kembali ke jadwal yang tumpang tindih, tahun ini akan ada 6 balapan di tanggal yang sama. Selain di ronde pembuka, juga terjadi di seri kedua MotoGP di Argentinda dan F1 di Bahrain pada 3 April. Pada 4 September ada GP Inggris dan F1 Italia.

Yang bikin alis mata naik, tiga ronde MotoGP terakhir harus berbagi dengan balap F1: GP Australia dan F1 Amerika, 23 Oktober. GP Malaysia dan F1 Meksiko, 30 Oktober. GP Valencia dan F1 Brasil, 13 November.

Hmmm..para penggemar motorsport siap-siap begadang dari siang sampai pagi dini hari. Inilah jadwal lengkap balapan MotoGP dan F1 di 2016. (otomotifnet.com)

 

 

 

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top