Senin,25 April 2016 20:30 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 4, Spanyol

Kemenangan Rossi Berkat Sayap Tambahan?

Halaman 1 dari 3

Foto: Yamaha MotoGP

Rossi memenangkan balapan pertamanya musim ini dengan motor Yamaha M1 yang dilengkapi winglet ukuran besar

Jerez – Valentino Rossi yang menjalani akhir pekan sempurna pada GP Spanyol di sirkuit Jerez akhir pekan kemarin, bisa jadi berkat winglet (sayap tambahan) yang baru kali ini ia pakai.

Pemakaian sayap tambahan menjadi topik panas di Jerez, setelah pada event sebelumnya di GP Amerika Dani Pedrosa menyarankan penggunaan winglet dihentikan demi alasan keamanan.

Saat start GP Argentina, bagian belakang motor Honda Marc Marquez kehantam sayap motor Ducati Andrea Iannone.

Di Amerika, setelah Pedrosa menabrak Andrea Dovizioso, ia mengaku beruntung sayap di motornya berukuran kecil. Tidak terbayangkan kalau ukurannya besar dan dapat melukai pembalap Ducati itu.

MotoGP 2016 Spanyol Jerez Honda Dani Pedrosa winglet sayap tambahan
Mengkritik pemakaian winglet, Dani Pedrosa masih menerapkan peranti peningkat aerodinamika itu

Tiba di Jerez hampir semua pabrikan, termasuk Suzuki dan Aprilia,  melengkapi motornya dengan winglet. Aksesori untuk meningkatkan aerodinamika ini dipelopori oleh Ducati sejak tahun lalu.

"Ducati adalah pabrikan pertama yang mengembangkan sayap dan sekarang kami memiliki keuntungan. Jika itu terbukti ada masalah keamanan, maka kita akan berpikir ulang. Jika itu normal, kita ingin mempertahankan, "kata Dovizioso.

"Winglet memberikan beberapa keuntungan pada beberapa trek," tambah Valentino Rossi yang baru kali ini mengaplikasi sayap tambahan berukuran besar seperti dipakai rekan setimnya Jorge Lorenzo.

Halaman 1 2 3

EDITOR

fendi

Top