Selasa,26 Jan 2016 23:30 WIB

Penulis: fendi

Kontroversi Rossi-Marquez, Dorna Tidak Mau Ikut Campur Lagi

Foto: motor-magazine.nl

Carmelo Ezpeleta menyebut Dorna berencana tidak mau ikut campur dalam keputusan pengawas perlombaan

Eropa – Kontroversi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez yang berdampak pada pertarungan perburuan gelar di 2015, Dorna sebagai promotor dianggap seperti ‘mafia Spanyol’, kedepannya Dorna tidak mau ikut campur urusan seperti ini lagi.

Keputusan steward (pengawas perlombaan) yang terkenal setelah menghukum Valentino Rossi pascabentrokan dengan Marc Marquez di GP Malaysia, yang berakibat pada penentuan perebutan gelar antara Rossi dan Jorge Lorenzo, menjadi perdebatan luas.

Rossi menuduh Marquez, mengesankan pembalap Honda ini berkolusi dengan Lorenzo untuk membantu rekan senegaranya meraih gelar juara.

Dorna sebagai promotor MotoGP juga diserang, setelah mantan legenda juara balap motor Phil Read menyebut mereka sebagai ‘mafia Spanyol’. Read dan juga pembalap legendaris Wayne gardner menilai hukuman terhadap Rossi tidak adil.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengatakan, untuk menghindari kritikan lebih lanjut di masa depan, promotor tidak akan menjadi bagian dari sanctioning body lagi setelah Grand Prix Commission menyetujui proposal untuk stuktur baru.

MotoGP sedang mempertimbangkan mengubah struktur stewarding menyusul kontroversi itu.

“Kami telah mengambil serangkaian langkah-langkah yang akan dilakukan publik ketika mereka disetujui Komisi GP,” kata Ezpeleta pada harian Spanyol, Marca.

“Ada orang-orang yang menuduh kami telah bertindak berdasarkan kepentingan kita sendiri,” lanjutnya.

“Solusinya, kami tidak akan menjadi bagian dari sanctioning body. Itu pekerjaan yang tampaknya membuat hidup kita lebih rumit dan itu sesuatu yang tidak kita perlukan, sehingga Dorna tidak akan menjadi bagian dari itu lagi,” tegasnya.

Sebelum bentrokan Rossi dan Marquez di Sepang, Malaysia, Rossi menuduh Marquez membantu laju Lorenzo di GP Australia. Setelah balapan di Sepang, Rossi dihukum sehingga peluang memperebutkan gelar jadi tipis karena start dari belakang di Valencia, yang akhirnya menampilkan Lorenzo sebagai juara dunia.

Ezpeleta juga coba meredakan ketegangan antara Rossi, Marquez dan Lorenzo meskipun itu bukan tugasnya.

Jadi, Dorna tidak berpihak kepada pembalap Spanyol ya? (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top