Sabtu,23 Jan 2016 19:45 WIB

Penulis: fendi

KTM MotoGP Dibantu Dua Test Rider

  • Foto: bildplus.ch

    Pembalap Moto2 Thomas Luthi dipercaya membantu tim MotoGP KTM sebagai test rider

  • Foto: WorldSBK.com

    Pembalap veteran Randy de Puniet kembali akan mengendarai motor spek MotoGP

  • Foto: KTM/Platzer Philip

    Alex Hofmann (kanan) saat melakukan uji coba motor KTM RC16 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria tahun lalu

Eropa – Randy de Puniet dan Thomas Luthi telah ditetapkan sebagai test rider tamu untuk tim MotoGP KTM tahun ini, sebagai persiapan produsen motor asal Austria itu memasuki kompetisi MotoGP di 2017.

Keduanya bergabung dengan pembalap penguji KTM saat ini, Alex Hofmann dan Mika Kallio yang sudah menggeber motor prorotipe RC16 dalam beberapa kesempatan uji coba.

De Puniet merupakan veteran pembalap sejak 1998 hingga 2014, berlomba di kelas 125 dan 250 cc serta MotoGP. Di MotoGP ia membela tim Kawasaki, LCR Honda, Pramac dan Aspar. Terakhir berkompetisi penuh di MotoGP pada musim 2013.

Pada 2014 ia terlibat dalam pengembangan tim Suzuki dan sekali diturunkan pada ronde terakhir di Valencia. Namun ia tidak dapat tempat di Suzuki sebagai pembalap, kemudian balapan di kejuaraan dunia Superbike (WSBK) bersama tim Suzuki.

Sementara Thomas Luthi adalah juara dunia GP 125 cc pada 2005, kini masih aktif balapan di Moto2 yang tahun lalu menempati peringkat lima klasemen akhir.

MotoGP uji coba Valencia KTM Mika Kallio
KTM terus melakukan persiapan untuk berlaga di MotoGP dengan serangkaian uji coba, seperti dilakukan Mika Kallio (di atas motor) di Valencia tahun lalu

De Puniet dan Luthi hadir sebagai test rider KTM yang fokus untuk proyek MotoGP di 2017. Sejauh ini KTM sudah beberapa kali melakukan uji coba terhadap motor RC16.

KTM berencana memperkenalkan motornya di Red Bull Ring, bertepatan dengan digelarnya GP Austria yang kembali menjadi tuan rumah MotoGP setelah absen 19 tahun. Terakhir MooGP Austria dipentas ketika sirkuit ini bernama A1 Ring.

Selain itu, KTM kabarnya akan turun berkompetisi di ronde tertentu tahun ini. Belum diketahui siapa joki yang berada di atas motor mereka.  (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top