Kamis,10 Maret 2016 21:15 WIB

Penulis: JLM

Tes KTM RC16 di Valencia

KTM MotoGP: Uji Coba di Kondisi Barvariasi

Foto: Phillip Platzer/KTM Media Library

Tim KTM MotoGP dengan joki tesnya, Mika Kallio dan Randy de Puniet, menjajal KTM RC16 di trek Ricardo Tormo, Valencia

VALENCIA - Pasukan KTM MotoGP terus melakukan serangkaian uji coba terhadap KTM RC16. Tiga hari uji coba di Valencia (7-9/3) lalu dihadapkan dengan kondisi cuaca barvariasi.

Dua joki tes KTM MotoGP, Mika Kalli dan Randy de Puniet, didaulat melakukan pengetesan di trek Valencia yang berkarakter trek sempit dan menuntut handling motor nan lincah dan gesit.

Mike Leitner selaku penanggung jawab KTM MotoGP mengakui cuaca yang tak diprediksi di sirkuit Valencia diperumpamakan sebagai dua sisi mata uang, ada positif sekaligus negatif.

"Luar biasa dan apresiasi buat tim dan juga test rider kami selama beberapa hari bekerja keras di kondisi cuaca yang tak menentu. Hari pertama hujan, kedua cerah dan hari terakhir berangin kencang."

"Pun begitu kami mengumpulkan data berharga dari Mika dan Randy untuk riset motor kami ke depannya," ujar Mike Leitner.

Dipilihnya Mika Kallio dan Randy de Puniet melakukan tes KTM RC16 di Valencia  lantaran keduanya sudah mafhum dengan lay-out sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Belum lagi, tim KTM MotoGP ingin membandingkan uji coba Valencia musim lalu dengan perubahan dan aplikasi komponen baru. Plus juga perilaku KTM RC16 dipelajari saat memakai ban Michelin serta sistem ECU seragam yang merupakan regulasi anyar MotoGP musim ini.

"Baru merasakan setting motor terasa klop dengan ritme balapku terjadi di hari terakhir. Beberapa hal yang diuji adalah polah ban dengan dengan Michelin dan juga ECU seragam berfungsi maksimal. Meski memang belum 100% disesuaikan dengan kondisi balap sebenarnya," beber Mika Kallio.

 

2016 KTM MotoGP Tes Valencia KTM RC16 Randy de Puniet Mika Kallio
Test rider KTM MotoGP, Randy de Puniet dan Mika Kallio, mengoleksi data pengembangan RC16 selanjutnya

 

Sementara Randy de Puniet diplot melakukan perbandingan KTM RC16 prototipe awal dengan prototipe yang dijejali komponen anyar. "Secara umum memang porsiku tak sebanyak Mika karena sempat diadang cuaca."

"Namun motor dengan beberapa komponen baru di sektor mesin, sasis dan suspensi berfungsi maksimal. Mungkin tes berikutnya bisa lebih sempurna lagi," ujar Randy de Puniet

Tim KTM MotoGP telah melakukan tes di Jerez dan Valencia dan rencananya di April mendatang kembali melakukan tes untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan di sesi tes sebelumnya dan meningkatkan performa KTM RC16 dengan komponen terbaru hasil tes di Valencia. (otomotifnet.com)

EDITOR

JLM

Top