Sabtu,12 Nov 2016 20:45 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 18, Valencia

Lorenzo Raih Pole Position GP Valencia, Marquez Kedua, Rossi Ketiga

Foto: Yamaha MotoGP

Jorge Lorenzo raih pole position pada seri penutup MotoGP musim ini di GP Valencia

Valencia – Juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo meraih pole position pada sesi kualifikasi di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia hari Sabtu (12/11). Marquez di urutan kedua dan Rossi ketiga.

Pada sesi kualifikasi dua (Q2) yang diikuti 12 pembalap, Jorge Lorenzo langsung mengukir waktu tercepat 1 menit 29,849 detik. Ini pertama kalinya tembus 1 menit 29 detik.

Artinya, itu merupakan rekor baru di sirkuit Ricardo Tormo, memecahkan rekor  catatan waktu atas nama dirinya sendiri tahun lalu yang 1:30,011.

Marquez sementara ada di tempat kedua, Iannone ketiga, Rossi kedelapan. Ketika sejumlah pembalap masuk pit untuk menjalani fase kedua, Rossi tetap di trek dan memperbaiki waktunya sehingga melompat ke urutan empat. Rossi terus melesat ke posisi tiga.

Tinggal delapan menit, para pembalap kembali ke trek untuk menjalani fase kedua. Lorenzo tampak lebih cepat di setiap sektor, hingga menyentuh garis finish dengan waktu 1:29,613. Mempertajam rekornya.

Tinggal enam menit, pembalap LCR Honda Cal Crutchlow tersungkur keluar trek. Ia pun segera ketepi dan melompat pagar pembatas agar bisa kembali ke garasi tim. Namun rupanya ia tidak melanjutkan aksinya.

Rossi keluar dari garasi dan masuk trek untuk  jalani fase kedua. Sementara itu Marquez megoreksi waktunya jadi 1:29,741, namun tetap berada di urutan kedua di bawah Lorenzo. Rossi sementara ada di peringkat enam. Lorenzo yang sempat masuk pit lagi, kembali bergabung ke trek.

Tinggal dua menit, Rossi menyodok ke posisi kedua, setelah sebelumnya ada di urutan tujuh akibat digeser Dani Pedrosa.

Lorenzo membuat waktu terbaik di intermediate 1, 2 dan 3. Tiba di garis finish 1:29,401, lebih cepat dari waktu sebelumnya. Fantastis.

Marquez berada di urutan dua sementara. Waktu kualifikasi sudah habis, tetapi sejumlah pembalap masih melaju. Marquez membuat waktu terakhirnya 1:29,805 dan tetap di tempat kedua.

Lorenzo meraih pole position. Marquez urutan kedua terpaut 0,340 detik, Rossi ketiga dengan jeda 0,727 detik dari Lorenzo. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top