Kamis,4 Feb 2016 12:30 WIB

Penulis: fendi

Lorenzo Tercepat Tes MotoGP Sepang Pakai Motor Hybrid

Foto: Yamaha MotoGP

Tidak menggunakan motor 2016, Jorge Lorenzo jadi pembalap tercepat hari terakhir tes pramusim di Sepang, Malaysia

Sepang – Boleh dibilang Jorge Lorenzo menguasai tes pramusim resmi pertama di sirkuit Sepang, Malaysia (1-3/2), bahkan dengan motor hybrid Yamaha ia bisa membuat waktu terbaik di hari terakhir.

Meninggalkan Sepang, Yamaha mendominasi tes pramusim. Hari pertama Jorge Lorenzo memimpin. Esoknya, ia hampir mengalahkan Danilo Petrucci (Pramac Ducati), dengan menggunakan ban belakang kompon keras setelah Michelin menarik kompon lembut menyusul kecelakaan Loris Baz pada kecepatan tinggi.

Grafik catatan waktu Lorenzo terus meningkat di hari terakhir. Ia satu-satunya pembalap yang menembus waktu 1 menit 59 detik. Meninggalkan rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi hampir satu detik, tepatnya 0,976 detik.

Sementara beberapa pembalap lain kesulitan beradaptasi dengan ban baru Michelin, Lorenzo mengatakan sudah menemukan kembali feeling ban Bridgestone tahun lalu dengan ban buatan Prancis ini.

“Keunggulan satu detik itu sangat besar,” kata juara dunia bertahan itu. “Michelin membawa ban depan yang lebih baik. Mendekati feeling saya dengan Bridgestone,” jelas Lorenzo.

Sepanjang hari terakhir tes itu, Lorenzo mengendarai motor hybrid 2015/16, ia memilih tidak menggunakan motor yang versi full modifikasi seperti yang Valentino Rossi katakan dirinya belum merasa nyaman.

“Kami tidak mencoba banyak hal pada motor, kami hanya menyesuaikan elektronik dan saya coba untuk menyesuaikan gaya saya ke Michelin,” imbuhnya.

“Hari ini kami tidak mencoba motor 2016, kami berkonsentrasi pada motor (hibrida) 2015, karena tidak punya banyak waktu saat hujan,” tutur Lorenzo. “Dua kali saya mencobanya, saya tidak mendapatkan manfaatnya,” ulasnya.

Pada tes hari terakhir ini para pembalap memilih berdiam di garasi pit hingga tengah hari, karena kondisi trek basah. Kemudian turun hujan dan pembalap kembali ke pit pukul dua siang. Matahari bersinar pukul empat sore dan pembalap menyelesaikan tugasnya hingga selesai pukul enam petang.

Tahun ini MotoGP menerapkan pemakaian ECU tunggal dan ban merek Michelin yang menggantikan Bridgestone disinyalir akan mengubah gaya berkendara pembalap.

Tes pramusim kedua akan berlangsung di sirkuit Phillip Island, Australia, 17-19 Februari. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top