Sabtu,4 Juni 2016 01:30 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 7 Catalunya

Luis Salom Tewas, Pembalap Gunakan Lay-out Sirkuit F1

Foto: repsolmedia.com

Sirkuit Catalunya sudah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor sejak 1996

CATALUNYA – Menyusul meninggalnya pembalap Moto2 Luis Salom saat menjalani latihan kedua, Jumat (3/6) pembalap yang berkompetisi di GP Catalunya akan menggunakan trek dengan lay-out yang dipakai di balap F1.

Keputusan itu diambil sebagai lanjutan dari tewasnya Luis Salom yang mengalami kecelakaan pada tikungan 12 yang bertipe tikungan kecepatan tinggi.

Atas insiden itu, dapat dipahami bahwa pembalap MotoGP tidak senang dengan tikungan ke kanan itu, di mana tidak ada gravel (kerikil) untuk memperlambat motor saat mengalami kecelakaan - hanya ada aspal di run-off area.

 

MotoGP 2016 Catalunya sirkuit
Lay-out trek Catalunya untuk balap motor, perhatikan tikungan 12 tempat Luis Salom kecelakaan dan akhirnya meninggal dunia

Dengan demikian, para pembalap sekarang akan melaju di trek yang digunakan di balap F1 GP Spanyol.

Lay-out sirkuit F1 juga dilengkapi belokan pendek dan tajam di tikungan 10, tikungan turuk konde (hairpin) ke kiri di ujung trek lurus bagian belakang, yang memiliki run-off aspal lebih luas.

 

MotoGP 2016 Catalunya sirkuit
Jalur yang berwarna adalah penampakan bentuk sirkuit Catalunya untuk balap F1, lay-outnya beda dengan buat balap motor

Alhasil, jarak trek yang dipakai untuk GP Catalunya akhir pekan ini berkurang dari 4,727 km jadi 4,655 km.

Dengan berubahnya jalur trek yang akan dipakai, sesi latihan bebas Sabtu pagi diperpanjang jadi satu jam.  (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top