Rabu,26 Sept 2012 19:34 WIB

Penulis: Ahmad Garuda

Manajemen Ban, Kunci Rossi Raih Hasil Bagus di MotoGP Aragon

Foto: Ducati Motor Holding S.p.A

Manajemen Ban, Kunci Rossi Raih Hasil Bagus di MotoGP Aragon

Sirkuit Motorland Aragon yang mempunyai karakter cepat dengan beberapa tikungan lambat yang sangat teknis, menurut Valentino Rossi jadi tantangan tersendiri bagi penggunaan ban motor. Pasalnya jika pembalap terlalu memaksimalkan performa motor sejak awal balapan, maka performa bannya di akhir balapan bakal menurun.

Rossi pun menganggap bahwa manajemen ban adalah hal yang sangat penting di MotoGP Aragon pekan ini (30/9). Berhubungan dengan hal itu, Rossi pun merasa yakin bahwa performa motornya yang cukup bagus di MotoGP San Marino, bakal memungkinkan untuk membuat manajemen ban lebih baik.

“MotoGP Aragon akan menjadi seri pertama kami untuk melakukan pengecekan progres pengembangan motor di sesi tes San Marino. Sirkuit ini memiliki karakter cepat dan pembalap harus bisa mengatur penggunaan ban secara lebih baik. Termasuk sudut kemiringan, sebab ini adalah hal yang sangat penting untuk sirkuit seperti Aragon,” tegas Rossi.

“Beruntung sehari setelah MotoGP San Marino, kami sempat melakukan pengetesan dan menemukan hasil positif pada lengan ayun yang baru. Dimana grip motor jadi lebih baik namun tidak membuat ban cepat aus. Tentunya hasil balapan di Aragon akan jadi bukti besar keberhasilan upgrade yang kami lakukan,” paparnya. (otosport.co.id)

EDITOR

Bagja

Top