Minggu,16 Okt 2016 17:30 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 15, Jepang

Marc Marquez Menumbangkan Banyak Rekor

  • Foto: Honda Racing Corporation

    Dalam usia 23 tahun, Marc Marquez sudah memiliki sejumlah rekor di kejuaraan dunia balap motor

  • Foto: Honda Racing Corporation

    Lima gelar juara dunia dalam tujuh tahun kariernya di kejuaraan balap motor dunia

  • Foto: Honda Racing Corporation

    Semua gelar juara dunia Marc Marquez di MotoGP diraih bersama motor Honda

Motegi – Marc Marquez mengklaim gelar juara dunia 2016 di Motegi, Jepang (16/10). Ini mahkota juara dunia ketiganya dalam empat tahun. Menang di Motegi, ini rekor lain pembalap tim Repsol Honda itu.

• Marquez adalah pembalap termuda yang memenangi gelar juara dunia kelas utama, pada usia 23 tahun 242 hari. Ia melewati rekor Mike Hailwood yang 24 tahun 108 hari, ketika memenangkan gelar 500 cc ketiga berturut-turut pada tahun 1964.

• Marquez juga pembalap termuda sepanjang masa yang memiliki lima gelar kejuaraan dunia (1 kali di 125 cc dan Moto2, serta 3 kali di MotoGP). Mengalahkan rekor Valentino Rossi yang 24 tahun 238 hari ketika meraih gelar kelimanya di kejuaraan MotoGP 2003.

• Marquez memenangi seluruh tiga titel juara MotoGP mengendarai Honda, menyamai jumlah gelar kelas utama yang dicapai oleh Valentino Rossi saat mengendarai Honda (1 kali kelas 500 cc dan 2 kali MotoGP).

Satu-satunya pembalap yang telah memenangkan gelar juara dunia lebih dari itu di kelas premier untuk Honda, adalah Mick Doohan yang memenangkan gelar juara GP 500 cc lima kali.

• Marquez menyamai Jorge Lorenzo sebagai pembalap Spanyol dengan lima gelar juara dunia. Hanya ada satu rider Spanyol yang memiliki titel lebih banyak dari mereka. Yaitu Angel Nieto dengan 13 gelar juara dunia (7 kali kelas 125 cc dan 6 kali di 50 cc).

• Dengan kemenangannya di GP Jepang, Marquez telah memenangkan balapan setidaknya lima kali per musim selama tujuh tahun terakhir (di berbagai kelas). Sesuatu yang dicapai sebelumnya oleh dua pembalap dalam sejarah 68 tahun balap motor ini: Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.

• Selama 2016 Marquez telah menang melebihi pencapaian pembalap lain di kelas MotoGP dengan lima kali menang, paling banyak naik podium (11 kali) dan pole position paling banyak (6 kali). (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top