Kamis,10 Maret 2016 20:15 WIB

Penulis: fendi

Michelin Perkenalkan Kode Warna Ban MotoGP

Foto: Michelin

Kode warna ban kering (slick) depan dan belakang. Kompon keras = warna kuning , medium = tidak ada tanda (hitam), lembut = putih

Eropa – Putaran pertama balap MotoGP di sirkuit Losail, Qatar tinggal seminggu lagi. Michelin sebagai pemasok ban baru yang menggantikan Bridgestone, telah menyusun kode warna yang akan digunakan musim ini.

Produsen ban asal Prancis, Michelin tidak menandai dinding ban kering (slick) kompon medium, pada ban lembut diberi tanda tanda putih, sementara kuning digunakan untuk kompon keras.

Ban intermediate Michelin salah satu inovasi MotoGP, memiliki tanda abu-abu. Untuk ban hujan, kompon deras tidak ditandai dan kompon lembut dikasih kelir biru.

Michelin telah memutuskan untuk merevisi ban depan kompon lembut untuk trek kering, setelah mendapat masukan lebih lanjut dari pembalap selama tes pramusim terakhir di Losail, Qatar pekan lalu.

MotoGP 2016 kode warna ban Michelin
Kode warna ban intermediate/basah depan (bawah) dan belakang (atas). Intermediate = abu-abu, lembut basah = biru, keras basah = tidak ada tanda (hitam)

"Kami telah menyelesaikan pilihan kami untuk ban depan dan belakang," kata direktur motorsport Nicolas Goubert. "Para pembalap senang dengan kinerja ban belakang setelah kami memberikan mereka dua spesifikasi yang kini telah disetujui untuk balapan pertama,” jelasnya.

"Kondisi trek cukup berkembang selama tiga hari di Qatar dan kami kadang mencatat terlalu banyak memakai ban depan versi kompon lembut. Akibatnya kami perlu menyesuaikan spesifikasi sedikit untuk membuatnya lebih kuat,” sambungnya.

"Kami tidak memiliki masalah apapun dengan versi kompon keras, meskipun, ban yang akan tersedia untuk pembalap dalam waktu kurang dari dua minggu akan sama," tutur Goubert.

Para pembalap akan mulai menjalani latihan pertama di Losail pada hari Kamis tanggal 17 Maret, balapannya berlangsung malam hari, Minggu, 20 Maret. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top