Kamis,10 Sept 2015 11:17 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP : Apakah Aspal Baru Sirkuit Misano Ciptakan Rekor Kecepatan Baru?

Foto: Misano

MotoGP : Apakah Aspal Baru Sirkuit Misano Ciptakan Rekor Kecepatan Baru?


Misano – Apa yang akan terjadi di sirkuit Misano setelah permukaan lintasannya diaspal ulang? Diperkirakan akan tercipta rekor kecepatan baru dan bisa jadi putaran ketigabelas ini berlangsung tidak sesuai prediksi selama ini.

Yamaha memiliki rekor kemenangan di GP San Marino yang digelar di Misano dengan 6 kali menang. Pembalapnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo masing-masing sudah berdiri di podium utama sebanyak 3 kali.

Valentino Rossi dinilai bisa memanfaatkan momentum bertarung di sirkuit yang tak jauh dari tempat kelahirannya. Ia tak ingin mengecewakan pendukungan, sekaligus memantapkan posisinya di puncak klasemen.

Sementara bagi Ducati, Misano juga jadi sebagai kandang mereka. Di sinilah skuad asal Italia itu sering melakukan serangkaian uji coba.

Tetapi dengan permukaan yang baru diaspal ulang, bisa saja peta pertarungan tahun ini tidak seperti sebelumnya. Pengerjaan dilakukan Dromo Circuit Design, milik desainer sirkuit Jarno Zaffelli. Pada Juli lalu, para pembalap MotoGP sudah mencoba permukaan trek yang baru ini. 

Zaffelli yang belum lama datang ke Indonesia untuk medesain ulang sirkuit Sentul, juga pernah merevisi tikungan sirkuit Misano. 

Meningkatkan aspek keselamatan jika ada kesalahan atau pembalap jatuh. Sistem drainase juga ditingkatkan jika turun hujan.

Nah, setelah diaspal ulang bagaimana dengan catatan waktu satu putaran? Menurut Zaffelli, Misano sekarang dalam kondisi yang terbaik. Ia telah menghitung melalui perangkat lunak yang dimiliki.

“Kita bisa harapkan peningkatan waktu satu putaran dari 0,7% dampai 2,5% tergantung pada kelas dan kategori dan kondisi cuaca,” katanya Zaffelli yang merancang sirkuit Termas de Rio Honda di Argentina.

Bisa saja akhir pekan ini menembus dari 1 menit 32 detik. Pada 2013, Marc Marquez meraih pole position dalam waktu 1 menit 32,915 detik. Semoga pertarungannya juga berimbang sejak start sampai finish. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top