Senin,9 Nov 2015 03:04 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP : Ini Alasan Marquez Tidak Bisa Kalahkan Lorenzo

Foto: repsolmedia.com

MotoGP : Ini Alasan Marquez Tidak Bisa Kalahkan Lorenzo


Valencia – Banyak komentar miring ditujukan ke Marc Marquez karena penampilannya tidak seagresif beberapa balapan sebelumnya, padahal posisinya sudah mendekati Jorge Lorenzo yang memenangkan lomba GP Valencia (8/11), ini alasannya.

Marc Marquez yang ingin mengakhiri musim 2015 dengan pencapaian tertinggi setelah tidak bisa mempertahankan gelar juara dunianya, sejak start melakukan tekanan terhadap Jorge Lorenzo.

Namun Lorenzo yang mengincar point terbaik untuk bisa jadi juara dunia, tidak mengendurkan kecepatan meskipun dikejar dua pembalap Honda, Marquez dan Dani Pedrosa. Sorotan tertuju pada Marquez karena tidak seperti biasanya tampil agresif.

Ia mengaku sudah susah payah mengejar Lorenzo dan berencana melakukan serangan terakhir pada lap pamungkas. Namun justru ia didekati bahkan hampir disalip Pedrosa.

 “Selama balapan saya sangat fokus, karena saya tahu Jorge akan sangat kuat selama beberapa lap. Sangat sulit untuk mengikutinya, tetapi saya bisa menjaga jarak maksimal satu detik. Dani di belakang,” ujar Marquez.

“Tujuh lap lagi saya ambil Jorge. Saya ingat balapan di Indianapolis lalu. Saya memacu dengan cepat seperti waktu itu,” lanjut juara dunia MotoGP 2013 dan 2014.

Jika Marquez dapat mengalahkan Lorenzo, rekan senegarabta itu tetap jadi juara dunia meskipun pointnya sama, karena Lorenzo lebih banyak menang dari Rossi.

“Ketika semakin dekat, saya ingin menyerang. Tetapi ketika saya sudah sangat dekat, bendera kuning berkibar. Karena dalam akselerasi saya selalu selip. Jadi saya harus pindah ke manuver berikutnya. Dani juga menyalip dan melewati saya,” jelas Marquez.

“Saya takjub, tetapi kemudian dia melebar dan saya mendahuluinya. Saya ingin mengejar Jorge, karena tadi membuat saya kehilangan setnegah detik. Pada lap terakhir saya sudah mendekat di tikungan terakhir. Mendekati dia lagi tetapi tidak cukup untuk memenangkan lomba,” imbuhnya.

“Saya sedikit kecewa tidak bisa memenangkan lomba, tetapi saya naik podium. Musim berikutnya kami perlu lebih baik,” kata Marquez menantang para pesaingnya. Tuh, jadi bukan sengaja ia memacu motornya tidak seagresif sebelumnya.

Marquez menyelesaikan musim 2015 di peringkat tiga, tertinggal 88 point dari juara dunia Jorge Lorenzo. Tahun ini ia lima kali menang, lebih banyak satu kemenangan dari Valentino Rossi.

Ia menganggap ini musim yang sulit. “Kami membuat beberapa kesalahan yang harus kita hindari tahun depan. Situasi ini tidak mudah karena saya jatuh enam kali. Kami ingin kembali tahun depan, bertarung memperebutkan gelar juara,” tutupnya. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top