Kamis,5 Nov 2015 22:34 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP : Ini Isi Lengkap Keputusan Ditolaknya Banding Rossi

Foto: repsolmedia.com

MotoGP : Ini Isi Lengkap Keputusan Ditolaknya Banding Rossi


Lausanne – Valentino Rossi harus harus berjuang keras saat balapan di GP Valencia akhir pekan ini, karena start dari posisi paling belakang, setelah bandingnya ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga, Kamis (5/11), ini isi lengkap penolakannya.

Lausanne, 5 November 2015 - Court of Arbitration for Sport (CAS) telah menolak permintaan Valentino Rossi untuk tetap mengeksekusi putusan yang dikeluarkan oleh Stewards FIM pada 25 Oktober 2015.

Dengan demikian, keputusan Stewards FIM menjatuhkan 3 penalty point pada Valentino Rossi menyusul insiden dengan Marc Marquez saat balapan Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix pada 25 Oktober 2015, Valentino Rossi akan memulai balapan rikutnya (dan terakhir) musim ini di Valencia/Spanyol pada 6-8 November 2015, dari posisi grid terakhir.

Setelah balapan di Malaysia, Race Direction FIM menemukan bahwa Valentino Rossi telah sengaja melebar untuk memaksa Marc Marquez keluar jalur, sehingga terjadi kontak yang menyebabkan Marquez jatuh dan berhenti dari balapan.

Atas pelanggaran peraturan FIM ini, Race Direction FIM memberi 3 ppenalty point pada Rossi, yang kemudian disahkan oleh Stewards FIM. Valentino Rossi sudah memiliki 1 penalty point dari insiden tahun ini, keputusan ini membawa dia memiliki total 4 penalty point.

Atas dasar peraturan FIM, pembalap dengan 4 penalty point harus memulai balapan berikutnya dari posisi grid paling akhir.

Permintaan untuk menunda diajukan di CAS pada 29 Oktober 2015 oleh Valentino Rossi bersama dengan bandingnya atas keputusan Stewards FIM, mengenai hukuman 3 point dibatalkan atau setidaknya dikurangi.

CAS Arbiter, yang ditunjuk oleh kesepakatan bersama (Prof. Ulrich Haas/Jerman), mendengar perwakilan Mr. Rossi dan FIM kemarin di kantor CAS di Lausanne, untuk memerintah secara eksklusif atas permintaan yang mendesak untuk tetap menentukan apakah Valentino Rossi harus start dari posisi grid terakhir di Valencia atau tidak.

CAS Arbiter menemukan bahwa kondisi untuk memberikan keputusan tetap tidak dipenuhi, yang berarti bahwa sanksi yang dikenakan oleh FIM harus dijalani di Grand Prix berikutnya di Valencia.
(otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top