Jumat,30 Okt 2015 19:54 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP : KTM MotoGP, Desainnya Paduan Dari Honda Dan Ducati

Foto: gpone twitter

MotoGP : KTM MotoGP, Desainnya Paduan Dari Honda Dan Ducati


Eropa – KTM kian menunjukkan keseriusannya untuk terjun ke arena MotoGP, setelah mantan pembalap MotoGP Alex Hofmann muncul di sirkuit Red Bull, Austria menunggang KTM RC16 yang desainnya mirip dengan Honda dan Ducati.

Foto RC61 itu telah beredar di media sosial, sehingga mustahil melacak sumbernya, menunjukkan aksi Alex Hofmann di tampaknya seperti di Red Bull Ring, sirkuit yang tahun depan jadi tuan rumah MotoGP Austria, lengkap dengan sponsor Red Bull di lambung motor.

Seperti dinyatakan sebeumnya oleh pabrikan asal Austria ini, mereka menerapkan frame tubular, solusi yang tidak diadopsi oleh seperti motor prototype lainnya. Lengan ayun aluminiumnya biasa. Suspensinya White Power (merek milik KTM) dan Akrapovic.

RC16 tampaknya tidak mengadopsi solusi yang sangat inovatif dan sangat mirip dengan motor para pesaingnya. Fairing depan ada lubang besar buat aliran udara masuk, bentuknya oval seperti pada motor Honda. Ekornya runcing seperti Honda RC213V dan Ducati.

Ada tangki bahan bakar di bawah jok KTM RC16

Knalpot, satu di bawah jok yang lainnya di sisi kanan. Di bawah jok tampak ada tangki bahan bakar untuk pusat keseimbangan. 

Beberapa hari lalu, KTM mengumumkan Mika Kallio (kini pembalap kelas Moto2) sebagai test rider untuk musim depan. Tetapi Hofmann yang menguji coba duluan.

KTM berencana berkompetisi di MotoGP pada 2017. Sementara ini mereka akan turun sebagai wildcard di musim balap 2016. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top