Kamis,29 Okt 2015 14:49 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP : Lorenzo Harusnya Kena Penalti Juga Di Sepang? Ini Penjelasannya

Foto: Yamaha Racing

MotoGP : Lorenzo Harusnya Kena Penalti Juga Di Sepang? Ini Penjelasannya


Salah satu aksi Lorenzo dan Rossi saat balapan di Sepang

Eropa – Perseteruan Valentino Rossi dan Marc Marquez di sirkuit Sepang, Malaysia (25/10) berujung jatuhnya Marquez dan Rossi kena penalti, namun ada bukti baru Jorge Lorenzo juga harus kena penalti, ini penjelasannya.

Ketika orang masih ramaii membicarakan kontroversi benturan antara Rossi dan Marquez yang memicu berbagai opini siapa salah siapa benar, ternyata di balik itu ternyata ada peristiwa yang terlewat. Seorang fotografer asal Inggris mengungkap bahwa Jorge Lorenzo melakukan maneuver illegal.

Ia merekam kejadian Lorenzo menyalip Valentino Rossi ketika bendera kuning dikibarkan karena pembalap Forward Racing, Loris Baz terjatuh di tikungan pertama pada lap kedua.

Jika terbukti bersalah, Lorenzo bisa saja jadi finish ketiga dan Rossi naik podium runner-up. Beda keunggulan point Rossi bukan lagi 7, tetapi jadi 12 point atas Lorenzo.

Sang fotografer menyodorkan fotonya kepada race director, Mike Webb, race director yang memvonis Rossi bertanggung jawab atas bentrokan dengan Marquez.

“Foto ini telah membuat saya curiga. Saya tertegun untuk sementara waktu. Karena kejadian ini harusnya terlihat pada kamera video Dorna,” kata Webb heran kepada media Jerman. “Akhirnya saya menemukan sesuatu ketika memeriksa CCTV,” lanjutnya.

“Ketika menyalip Rossi, Lorenzo mengabaikan bendera kuning. Butuh waktu lama sampai kami menemukan cuplikan vodeo ini, karena tidak ada laporan dari marshals tentang hal itu. Tidak mengherankan, karena itu bukan suatu pelanggaran,” tuturnya.

“Sekarang saya punya videonya. Ini menunjukkan bagaimana Lorenzo menyusul Rossi dengan benar di tikungan pertama. Tidak ada bendera kuning!” jelas Webb.

Meskipun hasil foto itu cukup jelas, tetapi Mike Webb bersikukuh, “Marshals sempat mengangkat bendera kuning. Tetapi ketika ia melihat bahwa pembalap tidak menuju ke gravel trap dan tidak crash, bendera segera diturunkan.”

“Kami telah melihat, bahwa bendera kuning ditunjukkan pada saat yang tepat, diangkat ke atas. Tetapi Lorenzo dan Rossi sudah lewat dari pos di mana bendera kuning itu dikibarkan (bendera kuning ada di belakang kedua pembalap),” sambungnya.

“Bendera berkibar sekitar tiga detik. Marshals agak terlalu berlebihan. Dia langsung mengangkat bendera kuning seolah tampak akan ada pembalap jatuh. Tetapi ketika pembalap kembali membawa motornya ke trek, kibaran bendera itu segera menghilang,” terang Webb.

“Kebetulan, persis bendera yang sama dikibarkan lagi sepuluh detik kemudian Loris Baz jatuh,” begitu penjelasa David Webb. Wah, kalau seandainya Lorenzo kena hukuman, pasti tambah seru balapan terakhir di Valencia nanti. (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top