Kamis,7 April 2016 21:15 WIB

Penulis: JLM

Jelang MotoGP Seri 3 Amerika Serikat

MotoGP Seri 3 CoTA: Marc Bidik Kuartet, Rossi Realistis

Foto: Honda Racing Corp.

Trek CoTA didominasi Marc Marquez (2013-2015). Mampukah Yamaha & Ducati meredamnya?

AUSTIN - Namanya Circuit of The Americas atau cukup disingkat dengan CoTA terletak di kota Austin negara bagian Texas, Amerika Serikat. Inilah host perhelatan MotoGP seri 3 musim ini.

Ternyata CoTA ini menjadi sirkuit pertama yang dibuat untuk keperluan ajang balap terkemukan dunia baik itu MotoGP dan F1 dengan kapasitas penonton mampu menamung hingga 120.000 pasang mata lebih.

Ciri khas dari CoTA ini ada beberapa, yaitu arah putaran treknya melawan arah jarum jam (anti-clockwise) memiliki total tikungan di atas 15 buah, tepatnya 20 tikungan dengan rincian 9 kanan dan 11 kiri, tipikal untuk trek dengan arah anti-clockwise.

Yang paling menjadi ciri khas adalah tanjakan cukup curam dengan elevasi 41 meter dari posisi start menuju tikungan pertama. Elevasi itu membuat tantangan tersendiri bagi pembalap terutama setting untuk motor.

Sirkuit CoTA ini bisa dikatakan trek dengan variasi tikungan nan variatif mulai dari tusuk konda (hairpin), mid hingga fast corner dan straight mencapai 1,2 km yang jadi benefit untuk motor yang memiliki tenaga brutal, seperti Desmosedici GP dan RC213V.

Oh ya, trek ini juga merupakan kreasi dari desainer terkemuka yang juga dipercaya merancang trek Sepang, Losail dan Red Bull Ring yang juga jadi host event MotoGP musim ini, yaitu Hermann Tilke.

2016 MotoGP Seri 2 Termas de Rio Hondo Argentina Movistar Yamaha MotoGP Valentino Rossi
Valentino Rossi sadar YZR-M1 tidak klop dengan CoTA. Podium merupakan hal yang realistis

Fasilitas trek CoTA ini tuntas di akhir 2012 dan sudah menghelat MotoGP sejak 2013 di mana tiga musim MotoGP digelar di CoTA selalu berhasil dimenangi Marc Marquez (2013-2015) dan kemungkinan Marc Marquez membidik kemenangan kuartet beruntun di CoTA ini.

Sementara bagi Valentino Rossi, lebih realistis mengingat di trek ini YZR-M1 tak klop dengan karakter sirkuit CoTA.

"CoTA ini bukan trek yang pas dengan karakter YZR-M1. Namun dari beberapa musim berhasil menembus podium, mungkin hasil podium hasil nan realistis," ungkap Valentino Rossi. (otomotifnet.com)

INFO SIRKUIT
Nama:
Circuit of The Americas, Austin-Texas
Panjang: 5,513 km
Lebar: 15 meter
Straight: 1,2 km
Pole position: kiri
Tikungan: 20 (9 kanan, 11 kiri)
Podium 2015: 1. Marc Marquez; 2. Andrea Dovizioso; 3. Valentino Rossi
Lap rekor: Marc Marquez, 2:03,575 (Honda-2014)
Lap terbaik: Marc Marquez, 2:02,135 (Honda-2015)

EDITOR

JLM

Top