Rabu,21 Sept 2016 15:45 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Valencia Jadi Seri Penutup Hingga 2021

Foto: repsolmedia.com

GP Valencia merupakan kandangnya sejumlah pembalap papan atas asal Spanyol seperti Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa

Eropa – Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol atau dikenal sebagai sirkuit Valencia, dipercaya akan terus menjadi tuan rumah ronde penutup balap MotoGP setidaknya hingga 2021.

Kabar ini muncul setelah ditandatanganinya perpanjangan kontrak baru untuk lima tahun ke depan.

Sirkuit sepanjang 4,070 km dan memiliki 14 tikungan ini, telah masuk di kalender MotoGP sejak dibuka pada tahun 1999. Valencia mengganti sirkuit Jacarepagua di Brasil sebagai tuan rumah babak final pada tahun 2002.

Kesepakatan baru diumumkan oleh pemerintah setempat pada hari Selasa (20/9), dalam acara yang dihadiri oleh CEO Dorna selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta.

"Kami sangat gembira MotoGP akan kembali ke Valencia selama lima tahun ke depan," kata Ezpeleta.

"Perjanjian baru ini fantastis untuk kejuaraan, untuk Comunitat Valenciana dan untuk para penggemar baik setempat dan di seluruh dunia, dengan sirkuit Ricardo Tormo selalu memberikan acara yang unik dan mudah diingat untuk mengakhiri musim ini," lanjutnya.

Tahun lalu GP Valencia jadi event penutup yang menegangkan. Valentino Rossi yang bertarung dengan Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar, menjalani start dari posisi paling belakang akibat penalti di balapan sebelumnya (GP Malaysia).

Kala itu Lorenzo sebagai pembalap tuan rumah yang start dari pole position, memimpin dua pembalap Spanyol lainnya yang membela tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Rossi yang menjalani balapan dengan heroik, hanya mampu finish keempat. Lorenzo yang tampil sebagai pemenang merengkuh gelar juara dunia MotoGP ketiganya.

Selain Valencia, kontrak baru juga telah disepakati tahun untuk GP Argentina hingga 2019, Australia (2026), Republik Ceska (2020), Jerman (2021) dan San Marino (2020) Grands Prix juga telah disepakati tahun ini, Belanda TT sampai 2026.

Valencia akan menjadi balapan penutup tahun ini pada 11-13 November, serta jadi agenda awal tes musim dingin pada hari Selasa dan Rabu setelah balapan. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top