Selasa,27 Okt 2015 23:47 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP : Waduh, Repsol Mengancam Keluar Dari MotoGP

Foto: repsolmedia.com

MotoGP : Waduh, Repsol Mengancam Keluar Dari MotoGP


Sepang – Repsol yang menjadi title sponsor tim MotoGP Honda mengancam keluar dari arena MotoGP atas insiden ‘kesengajaan’ dan ‘tendangan’ Valentino Rossi terhadap Marc Marquez di GP Malaysia, Minggu (25/10).

Repsol mempertimbangkan kembali keterlibatannya dalam arena balap sepeda motor paling sohor sejagat ini, menyusul bentrokan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez saat balapan di sirkuit Sepang.

Dalam pernyataan tegasnya, perusahaan minyak raksasa asal Spanyol itu mengecam Rossi dan menggambarkannya sebagai sesuatu yang ‘direncanakan’ dan ‘tidak sportif’, menendang Marquez ketika keduanya terlibat kontak di lap tujuh dalam memperebutkan posisi tiga.

“Dani Pedrosa meraih kemenangan besar di GP Malaysia, kemenangan yang sayangnya dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan tidak sportif dari Valentino Rossi terhadap pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez,” bunyi pernyataan itu.

Dalam kejadian itu Marquez jatuh, untungnya dapat lanjut dan tidak cedera akibat serangan dari Rossi, meskipun akhirnya tidak melanjutkan lomba.

“Bagi Repsol, kelakuan Rossi itu benar-benar tidak dapat diterima, direncanakan dan tidak sportif, karena itu mengancam keselamatan pembalap tim Repsol Honda. Repsol menganggap ini sebuah tindakan tidak sportif yang tidak sesuai dengan nilai-nilai olahraga dan kompetisi,” lanjut pernyataan itu.

Repsol yang jadi title sponsor Honda MotoGP sejak 1995 menambahkan, insiden itu bisa membuat mereka mempertimbangkan kembali keterlibatannya di MotoGP, juga menyerukan hukuman lebih berat untuk Rossi yang notabene pernah menggunakan livery Repsol saat membela Honda pada 2002-2003.

Rossi yang finish ketiga, menyatakan pada race direction bahwa bukan niatnya untuk membuat Marquez kecelakaan. Tetapi ia akan memulai lomba di seri penutup di Valencia dari urutan paling belakang.

“Repsol sangat sedih situasi seperti itu terjadi di Sepang. Terutama karena perusahaan merasa bangga pada nilai-nilai olahraga: persahabatan, semangat kompetitif dan komitmen dari pembalap,” lanjut pernyataan itu.

“Tanpa nilai-nilai ini, itu tidak akan masuk akal lagi bagi Repsol untuk berpartisipasi dalam olahraga sebagai sponsor,” tertulis di pernyataan.

“Repsol juga menyerukan peraturan yang jelas dan tegas untuk kepentingan keamanan dan integritas fisik pembalap, yang menghukum perilaku seperti yang terlihat saat ini dengan jelas dan tegas,” tutup pernyataan dari Repsol. (otosport.otomotifnet.com)

Pembalap MotoGP Di Tim Repsol Honda
1995: Michael Doohan, Alex Criville, Shinichi Itoh
1996: Michael Doohan, Alex Criville, Shinichi Itoh, Tadayuki Okada 
1997: Michael Doohan, Alex Criville, Tadayuki Okada, Takuma Aoki 
1998-2000: Michael Doohan, Alex Criville, Tadayuki Okada, Sete Gibernau 
2001: Alex Criville , Tohru Ukawa
2002: Tohru Ukawa, Valentino Rossi 
2003: Valentino Rossi, Nicky Hayden 
2004: Nicky Hayden, Alex Barros 
2005: Nicky Hayden, Max Biaggi 
2006-2008: Nicky Hayden, Dani Pedrosa
2009-2010: Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso
2011: Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, Casey Stoner
2012: Dani Pedrosa, Casey Stoner
2013-2015: Dani Pedrosa, Marc Marquez
(Pembalap Repsol Honda juara dunia 11 kali)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top