Selasa,6 Okt 2015 16:17 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

MotoGP: Wuih, Pembalap Berusia 40 Tahun Ikut MotoGP Di Motegi

Foto: powersports.honda.com

MotoGP: Wuih, Pembalap Berusia 40 Tahun Ikut MotoGP Di Motegi


Jepang – Pembalap Jepang, Kousuke Akiyoshi dijadwalkan ikut kompetisi ronde kelimabelas GP Jepang di sirkuit Motegi akhir pekan ini, membela tim AB Motoracing menggantikan posisi Karel Abraham.

Abraham yang cedera serius pada kaki saat latihan GP Catalunya di Bacelona, Juni lalu, butuh banyak waktu untuk proses penyembuhan, enam hingga 12 bulan. Setelah kecelakaan itu ia absen di dua seri. Kemudian ikut lagi sampai ronde empatbelas di Aragon lalu.

Kini pembalap Ceko itu dipastikan tidak akan berlaga di tiga seri mendatang yang berlangsung di luar Eropa (Jepang, Australia dan Malaysia). Di GP Jepang digantikan Kousuke Akiyoshi

Akiyoshi sudah delapan kali ikut MotoGP, khususnya ketika event berlangsung di Motegi. Sepanjang karier balapnya mulai 1995, ia lama menggeber motor Suzuki dan Honda di kejuaraan lokal All Japan.

Keterlibatan juara balapan ketahanan Suzuka 8 Jam itu di MotoGP masih sebatas pembalap pengganti atau dengan status wildcard. Finish terbaik di Motegi urutan 12 pada 2011.

Nanti Akiyoshi akan mengendarai motor Honda RC213V-RS milik Karel Abraham di kategori open class. Ia pernah menguji coba motor MotoGP Honda RC213V di Sepang tahun lalu.

Kini ia aktif di balap All Japan Road Race Championship menunggang Honda CBR1000RR. Mampukah Akiyoshi yang kelahiran Kurume, Jepang, 40 tahun lalu itu bersaing dengan para pembalap muda? Saat ini pembalap MotoGP tertua adalah Valentino Rossi, 36 tahun.

Bagi tim AB Motoracing, apakah akan merekrut pembalap lain untuk balapan Phillip Island dan Sepang?  (otosport.otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top