Selasa,30 Agust 2016 20:45 WIB

Penulis: fendi

Jelang MotoGP Seri 12 Silverstone

Pembalap Superbike Alex Lowes Balap MotoGP di Silverstone

Foto: Yamaha MotoGP

Pembalap Superbike Alex Lowes akan memulai debutnya di balap MotoGP awal September ini di sirkuit Silverstone, Inggris

Eropa – Pembalap Yamaha di kejuaraan dunia Superbike (WSBK) Alex Lowes ibarat mendapat durian runtuh, ketika tim Yamaha Tech3 mengumumkan dirinya ikut balapan MotoGP di Silverstone, Inggris dan Misano, San Marino.

Ya, Alex Lowes mendapat durian runtuh, meski bukan sesuatu yang diharapkan karena ia menggantikan Bradley Smith yang cedera. Tetapi kejadian ini tidak diduga, pasalnya Lowes baru saja diajak tes motor MotoGP Yamaha YZR-M1 bersama tim Tech 3.

Tes hari Senin (22/8) sehari setelah GP Republik Ceska di Brno itu, sebagai hadiah atas keberhasilannya juara di balap ketahanan Suzuka 8 Jam, Jepang, akhir Juli lalu bersama pembalap Tech3 Pol Espargaro dan rider lokal Katsuyuki Nakasuga.

Hanya mencoba 15 lap, karena sempat jatuh, Lowes mengaku takjub dengan tenaga motor MotoGP yang menurutnya beda jauh dibanding motor WSBK. Meski memiliki waktu yang terbatas, ia menyebut tes itu sebagai pengalaman fantastis.

Kini Lowes akan mengalami debutnya di balap MotoGP bersama pembalap terkencang saat ini seperti Vakentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan lainnya.

MotoGP 2016 tes Ceko Brno Yamaha Tech3 Alex Lowes
Alex Lowes saat tes motor Yamaha MotoGP milik tim Tech3 di Brno, Rep. Ceska

Pembalap Inggris itu dijadwalkan turun bersama tim Tech3, menggantikan posisi rekan senagaranya Bradley Smith untuk GP Inggris akhir pekan ini dan pekan berikutnya di GP San Marino.

Smith mengalami cedera kaki kanan akibat kecelakaan dalam latihan bebas balap ketahanan Oschersleben 8 Jam di Jerman, pekan lalu. Ini event lanjutan kejuaraan dunia balap ketahanan setelah di Suzuka.

Ia membela tim Yamaha YART dalam rangka membantu Yamaha meneruskan sukses di Suzuka dan juga meraih gelar juara dunia balap ketahanan ini.

Smith dirawat di rumah sakit dan terus menunggu kabar selanjutnya dari dokter mengenai luka-lukanya.

Lowes menggantikannya untuk dua race. Untunglah kalender WSBK sedang libur musim panas dua bulan lebih. Sehingga Lowes punya waktu menunjukkan debutnya di MotoGP. WSBK kembali bergulir di Lausitzring, Jerman, 17-18 September atau minggu setelah GP San Marino.

Wah, tampaknya baru pertama kali nih ada pembalap kembar identik di arena MotoGP. Karena Alex Lowes adalah saudara kembarnya pembalap Moto2 Sam Lowes. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top