Rabu,22 Juni 2016 00:15 WIB

Penulis: fendi

Jelang MotoGP Seri 8, Belanda

Pertama Dalam Sejarah, GP Belanda Start Hari Minggu

Halaman 1 dari 2

Foto: MotoGP.com

Sirkuit Assen tidak pernah absen menggelar kejuaraan dunia balap motor sejak 1949

Belanda – Putaran kedelapan MotoGP akan digelar di tempat bersejarah TT Circuit Assen, yang tahun ini untuk pertama kalinya start dilakukan hari Minggu, tidak seperti biasanya hari Sabtu. Ini penjelasannya.

Disebut sirkuit bersejarah karena inilah satu-satunya venue yang terus jadi tuan rumah sejak diadakannya kejuaraan dunia balap motor pada 1949. Trek Assen telah mengalami sejumlah perubahan, terakhir pada tahun 2006.

Selain balapannya yang berganti hari, Assen akan menyajikan persaingan yang kian menarik. Mengingat terjadi pertarungan sengit pada balapan sebelumnya di Barcelona antara Valentino Rossi dan Marc Marquez hingga lap terakhir.

Rossi yang keluar sebagai pemenang, membuka peluang memperebutkan gelar bersama Marquez yang kini memimpin klasemen dan juara dunia bertahan Jorge Lorenzo di peringkat dua klasemen.

Assen merupakan trek spesial bagi Rossi yang kini berusia 37 tahun. Di sini ia sudah tujuh kali menang di kelas utama. Dalam tiga tahun terakhir, Rossi menang pada 2013 dan 2015.

Salah satu kemenangan paling menarik terjadi tahun lalu. Rossi memenangkan duel ketat di lap terakhir dengan Marquez dengan melewati chicane terakhir Marquez, setelah keduanya bersenggolan. Assen juga jadi sirkuit favorit bagi banyak pembalap.

Balapan di sirkuit Assen akhir pekan ini, akan memberi kesempatan bagi Marquez untuk memperlebar jarak pointnya atas Jorge Lorenzo. Menuju Assen, pembalap Honda ini unggul 10 poin atas Lorenzo dan 22 point dari Rossi.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top