Senin,17 Okt 2016 02:15 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 15, Jepang

Podium Terakhir Maverick Vinales untuk Suzuki di Motegi

Foto: Suzuki Racing

Maverick Vinales (kanan) naik podium ketiga di GP Jepang yang juga jadi kandangnya pabrikan Suzuki

Motegi – Maverick Vinales mengklaim apa yang disebut podium ‘emosional’ di GP Jepang (16/10) di depan orang-orang pabrik Suzuki yang akan ditinggalkannya pada balapan tahun depan.

Setelah start yang lambat, Vinales meniti ke depan secara perlahan. Termasuk melakoni pertempuran panjang dengan rekan satu timnya Aleix Espargaro. Ia pun melewati garis di depan Espargaro untuk finish podium ketiga di Motegi.

Hasil ini juga didapat berkat bantuan dua pembalap Yamaha yang kecelakaan. Ini adalah podium ketiga pembalap Spanyol berusia 21 tahun itu di musim 2016.

Vinales mengaku senang dan sementara merasa nyaman, karena meskipun masih ada banyak perbaikan, masih berpotensi bersaing di depan.

"Saya sangat senang untuk podium ini karena itu adalah hasil dari dua hal utama. Pertama-tama, tim berhasil melakukan perbaikan sejak kemarin, memberikan saya sebuah mesin yang saya merasa lebih nyaman daripada kemarin. Ini berarti kita memiliki masih banyak potensi untuk mengungkapkan kecepatan," katanya.

"Kedua, saya berhasil membuat balapan yang sangat cerdas. Saya memutuskan untuk tetap tenang dan tidak memboroskan ban untuk menjaga peformasnya di akhir lomba. Hal ini memungkinkan saya untuk konsisten dan menjaga performa saya sampai akhir dan mendapatkan finish ketiga,” ungkapnya.

Setelah melewati Espargaro, pemenang GP Inggris itu mengatakan sudah terlalu terlambat untuk memburu tempat kedua dari Dovizioso.

Vinales yang tahun depan bergabung dengan Yamaha, ini adalah balapan terakhirnya di Jepang untuk Suzuki. Itu jadi  sesuatu yang membuat emosional saat naik podium di Motegi yang juga kandang bagi Suzuki sebagai pabrikan asal Jepang.

"Podium ini sangat emosional, berada di sini di depan semua fans kami dan rekan-rekan dari pabrik Suzuki,” ujar Vinales yang memberi kemenangan pertama buat Suzuki sejak terakhir dibuat Chris Vermuelen pada 2007.

Ini podium terakhirnya untuk Suzuki di Motegi. Posisi Vinales di klasemen pun naik ke urutan keempat dengan 165 point, melewati Dani Pedrosa yang absen di balapan ini. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top