Selasa,24 Nov 2015 01:30 WIB

Penulis: fendi

Resmi..! Tahun Depan Casey Stoner Test Rider Tim Ducati

  • Foto: motogppic.xyz

    Bersama Ducati, Casey Stoner 23 kali menang dan 1 kali juara dunia

  • Foto: Casey Stoner facebook

    Casey Stoner mengungkapkan kegembiraannya kembali lagi bergabung ke Ducati

  • Foto: Casey Stoner facebook

    Apakah Casey Stoner akan kembali balapan secara permanen di MotoGP 2017?

Italia – Juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner resmi bergabung di tim Ducati dan mendapat tugas sebagai test rider, demikian diumumkan tim bermarkas di Bologna, Italia, Senin (23/11).

Kabar ini menyusul kekecewaannya terhadap tim Honda. Casey Stoner yang pensiun dari MotoGP di akhir musim balap 2012, menandatangani kontrak dengan Honda sebagai test rider membantu dalam pengembangan motor baru hingga akhir musim 2014.

Ia memperbarui kontraknya lagi awal 2015 sebagai test rider. Ketika Dani Pedrosa mengalami cedera dan absen di dua ronde awal, Stoner ditawarkan mengisi posisi itu.

Namun wakil presiden HRC dan manajer tim Repsol Honda menentang memakai Stoner, karena mereka tidak memiliki motor settingan khusus buat Stoner.

Selain itu mereka juga menyatakan Stoner belum mengenal sirkuit Americas (Austin) dan Autodromo Termas de Rio Hondo (Argentina), tempat Pedrosa absen. Karena mereka ingin Stoner bisa sekompetitif mungkin.

Padahal Stoner pernah menguji coba motor MotoGP RC213V. ia pun mengoceh di akun twitternya, mengungkapkan rasa kecewa karena tidak bisa tampil menggantikan teman baiknya. Sebaliknya, Honda menunjuk test rider Hiroshi Aoyama sebagai pengganti Pedrosa.

Stoner akhirnya menuntaskan kerja samanya dengan Honda selama lima tahun yang telah menghasilkan 15 kali kemenangan dan sekali juara dunia pada 2011.

Pembalap kelahiran Queensland, Australia, 30 tahun lalu ini kembali reuni bersama Ducati. Mendapat tugas sebagai test rider mulai 1 Januari 2016.

Ia pun langsung menuliskan di akun facebooknya ‘Sangat senang bisa bergabung dengan Ducati sebagai test rider dan brand ambassador’.

Stoner pertama kali gabung di Ducati pada 2007, meraih 10 kemenangan dan mempersebhakna gelar juara dunia pertama kali untuk pabrikan asal Italia ini. Selama empat musim ia membela Ducati, total mengantongi 23 kemenangan.

“Saya punya begitu banyak kenangan besar bekerja dengan orang-orang dan merek Ducati. Kesempatan untuk bekerja dengan mereka lagi adalah sesuatu yang sangat istimewa,” kata Stoner.

“(Bos tim) Gigi Dall’Igna telah membawa sebuah pendekatan baru dan saya tidak sabar untuk membantu tim semampu saya,” lanjut pemilik nama lengkap Casey Joel Stoner.

“Merek Ducati dan penggemar Ducati telah menjadi bagian besar dari karier dan hidup saya, sehingga akan benar-benar hebat menyatukan kembali hubungan dan memulai bab lain dengan merek ikonik ini,” ujar pembalap yang hobi memancing ini.

Stoner juga akan jadi brand ambassador, namun saat ini belum dijelaskan. Apakah nantinya dia akan tampil sebagai wildcard selama musim balap 2016.

Tim Ducati sudah mempertahankan Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone sebagai pembalapnya di 2016. Belum jelas, apakah dengan direkrutnya Stoner ini sebagai sinyal ia akan full kembali balapa pada 2017. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

fendi

Top