Selasa,9 Feb 2016 15:30 WIB

Penulis: fendi

Rossi Lebih Suka Motor Yamaha Tidak Pakai Sayap

Foto: Yamaha MotoGP

Valentino Rossi lebih suka motor Yamaha YZR-M1 yang tidak pakai sayap tambahan (winglet)

Eropa – Valentino Rossi sementara ini mengakui tidak yakin tentang efek dari aerodinamika sayap pada motor Yamaha YZR-M1 dan ia lebih menyukai motor yang tidak menggunakan sayap tambahan.

Yamaha telah beberapa kali melakukan tes dengan menggunakan motor yang dilengkapi sayap tambahan pada fairing depan. Tetapi sejauh ini, Rossi jauh lebih sedikit mencoba fitur aerodinamika tersebut ketimbang rekan setimnya jorge Lorenzo.

“Saya mencoba lagi saat tes, karena mereka membuat desain yang berbeda. Namun terus terang, saya tidak merasa ada perbedaan pada sayap itu. Saya lebih suka motor tanpa sayap, meskipun, itu lebih indah!” kata Rossi.

Sayap salah satu dari sejumlah komponen yang dicoba oleh Rossi dan Lorenzo, ketika pembalap tim pabrikan Yamaha ini terus bekerja pada spesifikasi motor yang akan mereka pakai pada MotoGP 2016.

Penggantian antara motor M1 2015, M1 2016 dan motor hybrid, membawa kedua pembalap Yamaha menjadi yang terbaik dalam tes pramusim di Sepang, Malaysia, pekan lalu.

Rossi mengakui keputusan pengembangan pada satu set-up tertentu akan berlanjut pekan depan, saat tes pramusim kedua di sirkuit Phllip Island, Australia.

“Tanda tanya yang tersisa adalah motornya, lebih cenderung ke motor 2015 atau versi 2016. Kami akan mencoba lain waktu di Phillip Island, karena motor 2016 sangat bagus di akhir tes,” jelas Rossi.

“Selain itu, meskipun teknisi kami telah melakukan pekerjaan yang baik dengan elektronik dan Michelin telah melakukanpekerjaan yang baik dengan ban depan, sehingga semua tesnya bagus!” ungkap runner-up 2015.

Pembalap Yamaha mendominasi tes pramusin resmi di Sepang. Hari pertama dan ketiga, Jorge Lorenzo mencetak waktu tercepat dan Rossi terus berada di posisi kedua.

Hari kedua, Lorenzo tercepat kedua meskipun menggunakan ban belakang lebih keras, setelah Michelin menarik ban balakang kompon lembut menyusul kecelakaan pembalap Avintia, Loris Baz. Saat itu Danilo Petrucci (Pramac Ducati) yang tercepat.

Yamaha meninggalkan sirkuit Sepang dengan senyum. Tes pramusim berikut di Phillip Island, 17-19 Februari. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top