Senin,9 Mei 2016 08:30 WIB

Penulis: fendi

MotoGP Seri 5 Prancis

Setelah 8 Tahun, Suzuki Naik Podium Lagi Lewat Maverick Vinales

Halaman 1 dari 2

Foto: Yamaha MotoGP

Maverick Vinales (paling kanan) kini bisa sejajar dengan pembalap papan atas lainnya yang berdiri di podium

LE MANS – Tim pabrikan Suzuki akhirnya bisa naik podium kembali setelah menunggu 8 tahun, berkat keberhasilan Maverick Vinales finish di urutan tiga GP Prancis di Le Mans (8/5) yang sekaligus podium pertamanya di MotoGP.

Boleh dibilang Maverick Vinales sebagai pembalap yang paling bahagia usai balapan di Le Mans. Selain meraih podium pertama dalam kariernya di MotoGP, remaja berusia 21 tahun ini juga memberi podium pertama pada timnya, Suzuki.

Suzuki terakhir kali podium 8 tahun lalu. Ketik pembalap Italia Loris Capirossi finish urutan ketiga di sirkuit Brno, Republik Ceska, 17 Agustus 2008. Ini podium pertama buat motor GSX-RR.

Atas hasil di Le Mans ini, Maverick Vinales pun memuji tim Suzuki. Start dari posisi 8, ia merosot ke urutan 10 di fase awal lomba.

MotoGP 2016 Prancis Le Mans Suzuki Maverick Vinales podium
Podium sensasional buat Maverick Vinales dan tim Suzuki di Le Mans, Prancis

Namun juara Moto3 2013 itu membuat kemajuan dan naik ke posisi tiga ketika Andrea Dovizioso dan Marc Márquez tersingkir secara bersamaan.

Vinales sempat mendapat ancaman dari pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa, di tahap akhir lomba. Tetapi ia bisa mengamankan podium pertamanya yang juga podium pertama Suzuki sejak GP Rep Ceska 2008 silam.

"Kami melakukan pekerjaan yang baik hari ini, saya pikir itu adalah balapan yang sulit," kata Vinales yang dirinya dikaitkan akan pindah ke Yamaha tahun depan.

Halaman 1 2

EDITOR

fendi

Top