Selasa,9 Feb 2016 13:15 WIB

Penulis: fendi

Stoner Dapat Lampu Hijau, Boleh Ikut Balapan

Foto: Ducati Corse

Menuai hasil bagus dalam tes pramusim di Sepang, Casey Stoner bisa saja ikut balapan musim ini

Eropa – Usai mengikuti tes pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia dengan hasil memuaskan, Casey Stoner mendapat lampu hijau dari tim Ducati untuk ikut balapan, jika mantan juara dunia MotoGP dua kali ini mau.

Casey Stoner berkali-kali mengucapkan bahwa dirinya tidak memiliki keinginan untuk balapan di MotoGP tahun ini, karena tugasnya hanya sebagai tes rider dan brand ambassador Ducati.

Namun ada laporan dari motorsport.com yang membuat Stoner mengubah pikirannya dengan alasan apapun. “Anda tidak bisa mengatakan dia tidak (balapan),” kata Gigi Dall’Igna, bos tim Ducati Corse.

Pada tes pramusim hari terakhir di Sepang, Stoner mencetak waktu tercepat dari semua pembalap yang menggunakan motor Ducati tahun lalu, GP15. Ini mendorong banyak pertanyaan mengenai perannya sebagai pembalap penguji.

Sementara Gigi Dall’Igna mengakui memiliki banyak pembalap sekaliber Stoner, yang sangat bermanfaat ketika harus menyesuaikan diri dengan regulasi teknik baru MotoGP, tetapi juga sangat sadar bahwa tujuan utama Ducati memenangkan kejuaraan.

Ketika ditanya tentang kecepatan Stoner atas dua pebalap Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, “Kami tidak takut dengan seseorang yang datang dan menunjukkan bahwa dia lebih baik dari kita,” ujar Dall’Igna.

“Kami tidak akan kaget jika Stoner tampil sebagai pembalap wildcard musim ini, terutama jika salah satu pembalap kami cedera, tetapi kami skeptis ia akan mempertimbangkan kembali full-time,” lanjutnya.

Stoner yang semula dijadwalkan hanya ikut tes pribadi di Sepang selama dua hari, sebelum dimulainya tes pramusim resmi, programnya dihentikan dan cukup sehari saja. Ducati mengajak Stoner ikut tes pramusim resmi pada hari kedua dan ketiga (2-3/2).

Pada hari terakhir, Stoner menembus lima besar di belakang juara dunia bertahan Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez dan Cal Crutchlow. Sedangkan pembalap pabrikan Ducati, Iannone ada di urutan 8 dan Davizioso urutan 13.

Itu pertama kali Stoner menunggang motor balap bersama para bintang MotoGP, setelah terakhir kali pada GP Valencia tahun 2012 dan langsung pensiun. Pertama kali juga Stoner menggeber motor balap Ducati, terakhir di pengujung musim balap 2010.

Tes pramusim resmi kedua berlangsung di Phillip Island, Australia (17-19/2). Casey Stoer tidak masuk jadwal tim, padahal ia enam kali menang berturut-turut di sirkuit negaranya ini dari 2007-2012. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top