Kamis,5 Jan 2017 21:00 WIB

Penulis: fendi

Stoner Tes Ducati Tanpa Winglet di Sepang, Malaysia

Foto: Ducati Corse

Pada tes pramusim pertama di Sepang nanti, Casey Stoner akan menguji motor Ducati dengan desain fairing baru

Italia – Mantan juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner akan menguji motor Ducati yang tidak dilengkapi winglet (sayap tambahan), pada tes resmi pramusim 2017 di sirkuit Sepang, Malaysia, akhir Januari ini.

Casey Stoner akan memulai jadwal 2017 sebagai test rider tim Ducati akhir bulan ini, dengan fokus pengujian pada motor yang tidak dilengkai sayap tambahan atau winglet.

Mulai musim balap 2017, penggunaan sayap tambahan dilarang. Manajemen tim yang bermarkas di Borgo Panigale, Bologna, Italia tampaknya tidak senang dengan aturan ini.

Ducati menjadi pionir penggunaan winglet dua tahun lalu. Di musim 2016 semua tim pabrikan mengaplikasi peranti penunjang aerodinamika yang berada di fairing depan itu. Namun kini pemakaiannya dilarang dengan berbagai alasan.

Sebagai alternatif, tim Ducati sekarang sedang berusaha untuk mencari pengganti keunggulan itu.

Bos tim Ducati, Davide Tardozzi percaya, dengan tidak pakai sayap pembalap akan menyadari betapa stabilitas motor jauh lebih rendah saat melakukan pengereman.

Untuk itu Casey Stoner dan juga pembalap penguji Ducati lainnya Michele Pirro, akan mengevaluasi bentuk bodi motor yang akan memiliki sifat aerodinamis yang tidak terlihat.

Pada kompetisi 2017, hanya ada dua desain fairing yang akan diizinkan sepanjang tahun dan keduanya harus disetujui oleh bos teknis Danny Aldridge sebelum balapan dimulai di Losail, Qatar, bulan Maret nanti.

Ducati kabarnya telah memiliki satu, jadi sekarang akan fokus pada model yang kedua. Tim merah putih ini akan diperkuat pembalap baru Jorge Lorenzo yang jadi rekan setim Andrea Dovizioso.

Para pembalap MotoGP akan menjalani tes resmi pramusim pertamanya di Sepang, akhir Januari ini dari tiga jadwal tes sebelum memulai seri pertama di Losail.

Hmm.. Jadi penasaran, seperti apa ya model fairing motor MotoGP 2017. (Otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top