Rabu,3 Feb 2016 10:00 WIB

Penulis: fendi

Tes MotoGP Sepang, Ban Michelin Robek Seperti Disayat Pisau

  • Foto: Avintia Racing

    Ban belakang Michelin pada motor Loriz Baz tampak robek memanjang setelah kecelakaan pada 290 km/jam

  • Foto: Avintia Racing

    Motor Ducati yang dikendarai Loris Baz rusak parah usai kecelakaan pada tes pramusim hari kedua di Sepang, Malaysia, Selasa (2/2)

Sepang – Pembalap tim Avintia, Loris Baz selamat dari kecelakaan spektakuler saat menjalani tes di Sepang, Malaysia (2/2), ban belakang motornya robek seperti disayat pisau usai kecelakaan pada kecepatan 290 km/jam itu.

Tes pramusim hari kedua itu terjadi pencatatan waktu fantastis dengan pembalap tim Pramac, Danilo Petrucci tampil sebagai pembalap tercepat. Namun juga diwarnai sejumlah kecelakaan, paling mengerikan dialami Loris Baz.

Saat itu Baz tengah melaju di trek lurus utama (start/finish). Ia terpental dari motor Ducati Desmosedici GP14.2 yang dikendarai. Ini membuat kaget seluruh kru tim dan mereka berlarian ke pit wall melihat apa yang terjadi.

Beruntung pembalap asal Prancis berusia 23 tahun ini masih bisa bangun dan berjalan menuju pit. Baz hanya mengalami memar pada bagian siku. Akibat kejadian itu, tes dihentikan pada pukul 10.40 pagi hingga 12.00 siang.

Belum diketahui apa penyebab kecelakaan, yang menurut data logger motor, pada kecepatan 290,4 km/jam itu.

MotoGP 2016 tes Sepang Avintia Loris Baz kecelakaan
Belum ada keterangan resmi apa penyebab dari kecelakaan yang dialami Loris Baz, kecurigaan awal tertuju pada ban yang digunakan

Tetapi Michelin sebagai pemasok tunggal ban MotoGP mulai musim ini, mengambil segera mengambil tindakan dengan menarik semua ban belakang kompon lembut.

Menurut saksi mata, ada sesuatu yang jatuh di belakang motor. Akibat kecelakaan ini, bagian belakang motor Ducati milik Baz rusak berat dan ban belakang tampak robek memanjang seperti disayat benda tajam.

Setelah serpihan di tempat kejadian perkara dibersihkan, para pembalap melanjutkan tes hingga pukul 6 sore hanya dengan menggunakan spek ban belakang kompon yang lebih keras.

Tes hari kedua itu tercatat sejumlah pembalap jatuh. Seperti dialami juara dunia bertahan Jorge Lorenzo (Yamaha), Pol Espargaro (Yamaha Tech3) dan Dani Pedrosa (Honda). Mereka semua jatuh di tempat yang sama, tikungan lima dan tidak ada yang cedera. Loris Baz juga dapat melanjutkan tesnya.

Pada tes menjalang akhir tahun lalu, sejumlah pembalap juga mengalami kecelakaan ketika menguji coba ban baru Michelin dan perangkat elektronik baru.
Penggunaan ban Michelin yang menggantikan Bridgestone memang jadi perhatian penuh tim dan pembalap.

Data terkini menyebutkan, Ducati sudah mempelajari sistem data mereka pada moto GP14 milik Baz, tidak ditemukan adanya kesalahan pada mesin. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top