Kamis,28 Jan 2016 15:00 WIB

Penulis: fendi

Tim Ducati ‘Nyolong Start’ di Malaysia

  • Foto: Michele Pirro facebook

    Ducati Desmosedici GP16 sudah melakukan uji cba lebih awal di Sepang, Malaysia lewat Michele pirro

  • Foto: Ducati Corse fanpage

    Pembalap penguji Michele Pirro merasakan tes pertama motor GP16 berjalan dengan baik

Sepang – Pembalap MotoGP dilarang melakukan tes sejak awal Desember tahun lalu hingga akhir Januari ini, mereka mulai tes pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia awal Februari. Namun tim Ducati sudah ‘nyolong start’ duluan hari Rabu (27/1).

Sebuah motor dengan livery hitam melesat di sirkuit sepanjang 5,543 km itu. Belum ada livery resmi, hanya ada stiker sponsor. Namun dilihat dari pakaian balap berwarna merah dan putih, jelas itu tim Ducati.

Ducati melakukan tes lebih dulu di Sepang menjelang dimulainya tes resmi bulan depan di tempat yang sama. Wah, padahal sejak awal Desember tahun lalu hingga akhir Januari 2016 ini, seluruh pembalap dilarang melakukan serangkaian uji coba.

Bisa begitu, lantaran Ducati mengutus pembalap penguji Michele Pirro. Yang dilarang tes iu pembalap pembalap reguler. Jadi, ya memang dibolehkan.

Pembalap Italia berusia 29 tahun itu tampak berada di atas jok Desmosedici GP16, motor yang akan digunakan pada musim ini. Pirro menyelesaikan 50 lap di hari Rabu itu.

MotoGP 2016 uji coba Sepang Ducati Michele Pirro
Michele Pirro melakukan uji coba dua hari, sebelum tugasnya diambil alih mantan juara dunia MotoGP Casey Stoner

Tidak seperti saigannya utamanya, Yamaha dan Honda, tahun lalu Ducati tidak melakukan tes dengan motor 2016. Mereka memilih pembalapnya untuk fokus beradaptasi dengan ban Michelin dan elektronik baru, pada tes di Valencia dan Jerez setelah musim balap berakhir.

Motor baru Ducati hanya akan resmi dimunculkan saat tes pramusim pertama hari Senin (1/2), bersamaan dengan Honda 2016 yng juga belum menunjukkan liverynya untuk 2016.

“Hari ini kami meggeber GP16 total sekitar 50 lap,” kata Pirro kepada GPOne. “Hasilnya cukup baik, kami menguji untuk melihat semuanya bekerja dengan benar dan kesan pertamanya bagus,” lanjutnya.

“Kami senang, karena tidak ada yang bermasalah dengan motor yang untuk pertama kalinya melaju di trek,” kata Pirro yang tahun lalu diajak Ducati turun di tiga event sebagai pembalap wildcard.

Pirro akan kembali mengaspal pada hari ini, Kamis (28/1), sebelum mantan juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner mendapat giliran tugas.

Tahun ini Casey Stoner bertugas sebagai pembalap penguji dan brand ambassador Ducati. Banyak orang berharap pembalap Australia yang pertama kali juara MotoGP di 2007 bersama Ducati ini, ikut berlomba di beberapa ronde tertentu dengan jatah wildcard. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top