Selasa,24 Nov 2015 23:15 WIB

Penulis: fendi

Uji Coba MotoGP, Sepang

Tim Suzuki Mendapat Hasil Positif Usai Mencoba Girboks Seamless

Foto: Maverick Vinales facebook

Maverick Vinales mengaku senang dengan uji coba motor GSX-RR 2016

Sepang – Maverick Vinales mengaku puas dengan motor GSX-RR 2016 yang dikendarainya saat tim Suzuki Ecstar melakukan uji coba secara pribadi di sirkuit Sepang, Malaysia (23-24/11), sekaligus pertama kalinya mencoba girboks seamless.

Maverick Vinales didukung oleh dua test rider Takuya Tsuda dan Nobuatsu Aoki, menjalani uji coba sebanyak mungkin untuk memberi masukan ke bagian riset dan pengembangan Suzuki di Jepang dengan informasi dan data yang berguna sebelum istirahat musim dingin.

Ketiganya menguji barang baru, seperti ban Michelin dan software terpadu yang mulai diperkenalkan kepada semua tim MotoGP di musim balap 2016.

Tim juga menguji sesuatu yang sudah lama ditunggu-tunggu, yaitu girboks seamless yang ditempatkan pada motor tes dan GSX-RR yang dipakai Vinales.

Banyaknya perbaikan di konfigurasi setting-an dan elektronik, mereka melakukan tugas intensif dan meninggalkan sesi uji coba sangat puas dengan kemajuan yang didapat.

Vinales mengaku memiliki feeling yang sangat baik dengan evolusi GSX-RR andalannya dan memberi feed-back positif pada girboks seamless baru, juga elektronik anyar. Semua sektor masih harus dieksplorasi dan dikembangkan lebih lanjut di Jepang selama musim dingin.

Dengan girboks seamless, saat perpindahan gigi naik dan turun tidak ada jeda alias berjalan mulus. Berarti semua tim pabrikan sudah menggunakannya girboks canggih ini.

“Selama dua hari kami menguji banyak hal. Di antaranya kami berhasil menguji girboks seamless baru dan saya senang Maverick memiliki kesan pertama yang positif,” kata manajer tim Suzuki, Davide Brivio.

“Kami juga membandingkan beberapa bagian sasis dan mengumpulkan informasi penting untuk pengembangan saat musim dingin. Kami juga mulai bekerja dengan software terpadu 2016 (tim sudah menguji di Valencia beberapa minggu lalu),” lanjutnya.

Sementara dalam pengujian ban baru Michelin, tim menemukan sejumlah perbaikan untuk pekerjaan berikutnya. Mulai 1 Desember berbagai uji coba dilarang. Tes resmi pertama kali akan berlangsung bulan Februari di Sepang.

“Kami akan mencoba perbaikan lebih lanjut, terutama soal elektronik. Sayangnya, Aleix tidak bisa bergabung, sehingga ia akan punya kesempatan melakukan uji coba Februari nanti,” tutur Brivio.

Beberapa hari lalu Aleix Espargaro mengalami cedera saat latihan menggunakan sepeda, tulang belakangnya patah dan perlu istirahat dua sampai tiga minggu.

“Kami menguji banyak hal dan saya senang karena bisa mencoba elektronik 2016. Saya juga senang bisa menguji coba girboks seamless baru yang kami harapkan dan kesan saya sangat positif,” ujar Vinales.

“Sekarang kami memiliki banyak informasi untuk bekerja selama musim dingin dan bersiap-siap untuk tes berikutnya di bulan Februari. Memasuki liburan musim dingin dengan perasaan baik itu positif dan memberi saya harapan besar untuk perbaikan lebih lanjut,” jelasnya. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

fendi

Top