Selasa,8 Nov 2016 11:15 WIB

Penulis: fendi

Jelang MotoGP Seri 18, Valencia

Wuih.. Kecelakaan di MotoGP Sudah 1.000 Lebih Kejadian

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Pembalap tim Aspar Ducati, Eugene Laverty saat kecelakaan di GP Jepang. Total ia sudah mengalami 15 kali kecelakaan selama musim ini

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Valentino Rossi harus jatuh bangun untuk memperebutkan gelar musim ini. Jatuh saat balapan di GP Jepang mengakhiri harapannya untuk jadi juara dunia ke-10

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Untunglah ketika jatuh saat balapan di GP Australia, Marc Marquez sudah mengunci gelar juara dunianya musim ini pada balapan sebelumnya di GP Jepang

  • Foto: Fendi/screen capture Fox Sports

    Kecelakaan yang melibatkan pembalap lain juga sering terjadi selama MotoGP musim ini

Spanyol – Untuk pertama kalinya kecelakaan di event MotoGP musim 2016 telah mencapai lebih dari 1.000 kejadian. Kemungkinan bertambah karena masih ada satu race lagi di Valencia, Spanyol akhir pekan ini.

Jumlah total gabungan dari kecelakaan di kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3 saat ini sudah di angka 1.011, naik sebesar 35 kali dari total kecelakaan musim 2015.

Di kelas MotoGP, pembalap Honda memegang empat tempat teratas dengan 80 kecelakaan di antara mereka. Sejauh ini, Cal Crutchlow dan Jack Miller yang merupakan pembalap satelit Honda, masing-masing mengalami 24 kali kecelakaan.

MotoGP 2016 San Marino Andrea Iannone
Kecelakaan dalam kecepatan tingi yang dialami Andrea Iannone saat latihan di GP San Marino, membuatnya absen di empat balapan

Uniknya, keduanya meraih kemenangan perdananya di MotoGP. Miller menang di GP Belanda, sementara Crutchlow naik podium tertinggi di GP Ceko dan diulanginya di GP Australia. Tetapi Mller telah absen beberapa balapan tahun ini akibat kecelakaan.

Tito Rabat dan juara dunia 2016 Marc Marquez menempati posisi berikutnya dengan masing-masing 16 kali jatuh. Sementara Sementara Alvaro Bautista (Aprilia) dan Eugene Laverty (Aspar Ducati) masing-masih mengalami 15 kali kecelakaan.

MotoGP 2016 Aragon Dani Pedrosa
Kecelakaan di kelas MotoGP tahun ini meningkat seiring diterapkannya pemakaian ban baru Michelin dan juga kondisi cuaca

Paling sedikit Valentino Rossi dan Maverick Vinales dengan hanya empat kali tersungkur. Sedangkan Andrea Dovizioso dan Hector Barbera masing-masing hanya lima kali.

Kelas Moto3 memiliki jumlah terbesar kecelakaan dengan 388 kejadian (menurun dari kejadian di 2015). Di Moto2 juga berkurang enam insiden menjadi 348 kali.

Moto3 2016 Australia
Kasus kecelakaan di kelas Moto3 dan Moto2 menurun dibanding kejadian pada musim lalu

Sejauh ini MotoGP sudah naik 60 kasus kecelakaan, kebanyakan dikarenakan pemaiaian ban Michelin yang mulai musim ini jadi pemasok tunggal dan juga faktor cuaca. (otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top