tematis

suara pembaca

Indeks

  • Login & Register

Jumat,11 Nov 2016 19:01 WIB , dari : Edy Sugiyarto, Sragen, Jaktim

Menanyakan Artikel Pilih Pelumas

Saya pecinta Otomotif dan pelanggan rutin Tabloid OTOMOTIF. Saya mau menanyakan saja tadi setelah pulang kerja terus istirahat saya membaca artikel tentang Pemilihan pelumas oli di Tabloid OTOMOTIF Edisi 19:XXVI (29 September-05 Oktober 2016). Sangat tertarik dengan artikel ini karena saya sering bingung tentang pemilihan oli yang pas untuk kendaraan saya. Setelah saya baca saya akhirnya mengetahui oli yang pas dengan spek kendaraan saya. Namun sempat bingung pada boks di halaman 33 yang judulnya: ‘Mengapa Viskositas & Tingkat Mutu Penting?

Disebutkan perbedaan mesin Bensin dan Diesel dengan kode. Semisal SH untuk bensin dan CH-4 untuk diesel namun pada artikel di bawahnya yakni kode SN pada kolom mesin Bensin disebutkan bahwa SN untuk mesin diesel tugas berat buatan tahun 2006 yang dilengkapi penurunan kadar emisi.
Pertanyaan saya apakah sekarang dengan API service SN memang bisa untuk mesin Diesel? Ataukah spek SN memang bisa digunakan pada mesin bensin dan diesel? Jika memang bisa mohon bisa recomen olinya? Semoga selalu bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua para pembaca.

Jawaban Redaksi

Salam kenal juga Pak Edy, terima kasih sudah menjadi pembaca setia Tabloid OTOMOTIF. Mengenai artikel yang ditanyakan di atas, terjadi kesalahan penulisan di keterangan (sebelah kanan) tanda ‘SN’ yang tertulis:
“Untuk mesin diesel tugas berat buatan tahun 2006 yang dilengkapi penurun kadar emisi.
” Seharusnya tertulis: “Untuk mesin bensin tugas berat buatan tahun 2011 ke atas yang dilengkapi penurun kadar emisi.” Bersama ini juga kami telah meralat tulisan tersebut. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Terima Kasih

Top