tematis

suara pembaca

Indeks

  • Login & Register

Kamis,5 Jan 2017 10:34 WIB , dari : Abdee Sahrobi

Penyebab Embun di Kaca Luar

Halo OTOMOTIF. Saya agak galau nih kalau berkendara di malam hari. Saat malam baik hujan maupun tidak (AC nyala) terkadang kaca mobil berembun di bagian luar.
Hal ini tidak begitu masalah kalau tidak hujan. Bisa buka kaca sebentar buat menghilangkan embun. Tapi jadi masalah banget kalau pas hujan.
Selama ini saya berusaha mencari artikel tentang cara mengatasi embun di bagian luar kaca. Banyak artikel dan tips saya baca, tetapi yang dibahas adalah tips untuk mengatasi embun di kaca bagian dalam.
Untuk itu tolong dong OTOMOTIF bikin ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi embun di bagian luar kaca mobil. Terima kasih dan sukses OTOMOTIF.

Jawaban Redaksi

Wah, mas Abdee pasti ketinggalan artikel tentang embun di kaca mobil yang sudah pernah diulas di OTOMOTIF nih. Tapi tenang enggak usah galau lagi, kami terangkan sedikit soal penyebab terjadinya embun di kaca mobil. Kondensasi alias pengembunan memang bisa terjadi pada kaca mobil.
Umumnya terjadi pada saat cuaca dingin, bisa pada malam hari setelah hujan atau memang pada dataran tinggi dengan suhu relatif rendah.
Temperatur kabin yang dingin karena AC memicu pengembunan di bagian luar kaca dengan suhu luar lebih hangat. Paling sering terjadi pengembunan, pada kaca samping atau belakang.
Karena embusan AC memang mengarah pada kaca ini. Tapi tak tertutup kemungkinan juga terjadi pada kaca depan (windshield) karena ada hawa dingin yang menyusup dari jalur defogger kaca depan.
Selain itu, pengembunan juga dapat terjadi karena kesalahan pemakaian obat jamur kaca pada saat pemolesan kaca depan. Tak hanya terjadi embun, lebih parah lagi kaca dapat berakibat efek kabut yang sangat mengganggu visibilitas pengemudi.

Top